Rabu, 30 April 2014
Tiga tahap utama penelitian yaitu : tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap penulisan laporan.
A. TAHAP PERENCANAAN PENELITIAN
1. Pemilihan masalah, dengan kriteria:
Ø Merupakan tajuk penting,
menarik, diminati peneliti, biasa diteliti,
mampu ditangani
Ø Belum diteliti
Ø Bias diteliti: kendala waktu, biaya, sdm
Ø data
dapat diperoleh
Ø bermanfaat
2. Latar Belakang masalah,
perlu untuk:
Ø Menempatkan masalah dalam perspektif tertentu
Ø Menegaskan fokus perhatian dalam penelitian
Ø Menjelaskan cakupan dimensi permasalahan
Sangat Penting karena:
·
Merupakan informasi dasar yang menggambarkan hubungan penelitian dengan penelitian lainnya.
·
Membangkitkan ketertarikan pembaca dan mendorong untuk membaca lebih lanjut
·
Menjelaskan pentingnya penelitian
Penelitian Kualitatif:
masalah yang dapat dipahami lebih baik jika dieksplorasi dari segi konsepsi atau fenomena.
Penelitian kuantitatif:
masalah yang
dapat dipahami lebih baik jika factor atau variabel yang mempengaruhi suatu kejadian dapat dikenali.
3. Perumusan masalah, berisi penjelasan mengenai
o
Faktor yang dilingkupi
o
Pertanyaan penelitian
Penelitian kualitatif:
o
Satu atau dua pertanyaan utama, dan tidak lebih dari lima pertanyaan lebih Spesifik.
o
Hubungkan pertanyaan utama dengan strategi yang digunakan.
o
Gunakan kata ‘mengapa’ atau ‘bagaimana’
o
Fokus kepada satu fenomena / konsep
o
Kata eksploratif yang menjelaskan apa yang kira-kira akan dilakukan
o
Pertanyaan penelitian ini dapat berubah
o
Pertanyaan terbuka
yang tidak merujuk keliteratur atau teori tertentu
o
Menyebut partisipan dan lokasi jika perlu Penelitian kuantitatif
o
Menggunakan salah satu dari tiga pendekatan dasar: membandingkan, menelaah hubungan, atau menjelaskan respons
o
Menguji teori
o
Variabel bebas dan terikat harus diukur secara terpisah
o
Hanya menuliskan salah satu,
pertanyaan penelitian atau hipotesis
o
Terdapat dua bentuk hipotesis:
hipotesis nol atau hipotesis alternatif
4. Tujuan dan manfaat penelitian, menyatakan:
o
hal yang ingin dicapai melalui penelitian
o
bersifat jelas,
spesifik, tepat
o
jika lebih dari satu,
disusun menurut tingkat kepentingannya
o
memperhatikan lingkup:
lebih sempit lebih baik
o
manfaat menjelaskan kontribusi / implikasi terhadap teori atau implementasi
PenelitianKualitatif:
o
Berfokus kepada satu fenomena / konsep / gagasan
o
Kata kerja yang menjelaskan proses
pemahaman: menjelaskan, memahami, mengembangkan,
menelaah makna dari,
menemukan
o
Kata/frasa yang bersifat netral
o
Mengandung kata yang menjelaskan strategi yang digunakan dalam proses penelitian
o
Mengutarakan para partisipan dalam studi
o
Mengutarakan lokasi
di mana penelitian dilakukan secara detil
PenelitianKuantitatif:
o
Identifikasi teori,
model, atau kerangka konseptual
yang akan diuji
o
Identifikasi variable terikat dan bebas, dan variable kontrol
o
Kata yang menjelaskan bentuk hubungan
yang akan dieksplorasi: hubungan, perbandingan, menjelaskan respon
o
Jenis strategi
yang akandigunakan secara spesifik
o
Mengutarakan para partisipan atau unit analisis dalam studi
o
Mengutarakan lokasi
o
Definisi umum untuk setiap variable kunci
5. Telaah pustaka
o
Informasi / data dasar yang relevan
o
Berisi temuan
yang telah dicapai
o
singkat, runtut, nalar.
6. Kerangka teoritis / konseptual
o
formulasi hubungan logis antar variabel yang diteliti
o
sebagai landasan hipotesis
o
mengandung struktur logika tertentu
SangatPenting Karena dapat menjadi jiwa penelitian
7. Perumusan hipotesis
o
Diturunkan dari kerangka teoritis
o
Ungkapan teori
yang hendak diuji
o
Jumlah tidak tertentu, berkait dengan tujuan
o
Tidak setiap penelitian perlu hipotesis
8. Metode penelitian mencakup prosedur dan alat
yang digunakan:
Populasi,
sampel, variabel, instrumen, statistik
B. TAHAP
PELAKSANAAN PENELITIAN
1. Pengumpulan
data
o
Prosedur pengumpulan
o
Sikap dan motivasi
o
Memperhatikan kesahihan
(validitas) dan kehandalan
2. Pengolahan
data: menyunting, mengkodekan, mentabulasi
3. Analisis data
o
Menyederhanakan hasil olahan agar mudah dibaca & diinterpretasi
o
analisis non statistic untuk data kualitatif
o
analisis statistic untuk data kuantitatif
4. Penafsiran hasil analisis
5. Kesimpulan,
berisi
o
Sintesis semua aspek yang dibahas
o
Membandingkan hasil dengan penelitian
lain atau pengetahuan ilmiah
yang relevan
o
Pengkajian implikasi penelitian
o
Rekomendasi /saran
C. TAHAP
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN
1. Kalangan pembaca
o
Masyarakat akademis,
format: skripsi, tesis, disertasi
o
Sponsor penelitian, format khusus
o
Masyarakat umum,
format: ikhtisar, ringkasa, artikel, brosur
2. kerangka isi laporan
3. format dan tata cara penulisan ilmiah
o
Penggunaan bahasa
yang baik dan benar.
o
Bentuk dan susunan kalimat
o
Penggunaan istilah
o
Tata tulis baku: sembir, jenis dan ukuran huruf, format
o
Daftar pustaka sesuai ketentuan
PERNYATAAN
TUJUAN PENELITIAN
PenelitianKualitatif
Tujuan penelitian _______ [strategi penelitian: etnografi, studikasus, dll]
ini adalah untuk
____________ [memahami? menjelaskan? mengembangkan? menemukan?]__________
[fenomena utama] dari _________ [partisipan] di
__________ [lokasi].
Contoh:
Penelitian ini merupakan sebuah studi kualitatif mengenai pengembangan karir dari 20 wanita berkulit hitam dan berkulit putih di Amerika Serikat yang berprestasi tinggi dalam delapan bidang pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk
Mengeksplorasi berbagai pengaruh kritis dalam pengembangan karir
para wanita ini, khususnya
yang berkaitan dengan pencapaian kesuksesan secara profesional.
PenelitianKuantitatif
Tujuan penelitian ________ [eksperimen? survey?
dll] ini adalah untuk menguji teori__________
yang __________ [membandingkan? Menjelaskan hubungan?
dll] antara__________ [variable bebas]
dengan _________ [variable terikat]
dengan ________Sebagai variable control bagi
_________ [partisipan] di ________ [lokasi].
Variabel bebas _________ didefinisikan secara umum sebagai ________, variable terikat_________ didefinisikan secara umum sebagai ________,sedangkan variable control
adakan dikendalikan secara statistik.
Contoh:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah hubungan antara karakteristik
Personal dengan motivasi dalam pekerjaan dari beberapa pendidik yang mengajar di beberapa universitas negeri di Indonesia. Karakteristik
personal yang ditelaah antara lain latar belakang responden
(tingkat pendidikan, tempat mengajar, pendidikan terakhir, dll) dan informasi pemikiran responden mengenai kemungkinan untuk beralih pekerjaan.
Faktor motivasi yang ditelaah didefinisikan berdasarkan enam factor umum menurut Miskel dan
Heller (1973) yaitu: ............
PERTANYAAN
PENELITIAN dan HIPOTESIS
(khususu ntuk kuantitatif)
Penelitian Kualitatif
Bagaimana wanita beradaptasi dengan system transportasi umum di kota besar seperti Jakarta?
Penelitian Kuantitatif
Deskriptif:
Bagaimana tingkat pencapaian mahasiswa dalam kelas metode penelitian?
Inferensial:
Apakah kemampuan berpikir kritis mahasiswa berkaitan dengan
IP?
Hipotesis:
Tidak ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan asal
1 Comment:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
Coin Casino - 온카지노 Play Here and 1xbet korean Have Fun! No deposit bonuses and no deposit bonuses are mandatory for new players. It can get confusing to you 인카지노 when it comes to